Makanan Khas Banjarmasin dengan rasa yang Muantap Tenan

Pramukasiana – Kota Banjarmasin adalah kota yang dijuluki sebagai kota seribu sungai ini terletak di provinsi Kalimantan selatan. Kota ini tentunya memiliki makanan khas sebagai bagian dari budaya yang dimiliki kota seribu sungai ini.

Bagi beberapa orang pasti sudah kenal dengan Soto Banjar, namun tidak hanya itu saja, masih banyak makanan khas Banjarmasin yang wajib kamu coba dan pastinya soal rasa tidak diragukan alias sangat enak.

Disini, kamu bisa temukan daftar rekomendasi makanan khas Banjarmasin yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Soto Banjar

makanan khas Banjarmasin soto banjar

Saat kamu pergi ke kota Banjarmasin, makanan khas Kalimantan selatan ini merupakan menu yang wajib kamu coba.

Sebagai bagian dari kuliner Indonesia, soto Banjar ini tidak kalah populer dengan soto Lamongan atau soto Madura, soto Banjar memiliki citarasa dan aroma yang kuat.

Kamu bisa temukan campuran suwiran daging ayam, telur rebus, soun, dan perkedel, dengan kuah bening dan ada juga yang menyajikan dengan kuah agak keruh.

Selain itu bisa juga ditambah pelangkap seperti satu dan potongan ketupat atau lontong. Bisa juga kamu tambahkan sambal dan/atau perasan jeruk nipis, sesuai seleramu.

Untuk menikmati Soto Banjar ini, kamu bisa dengan mudah menemukan nya di kota Banjarmasin dengan harga terjangkau.

  • Ketupat Kandangan

makanan khas Banjarmasin ketupat kandangan

Selain soto banjar, makanan khas Banjarmasin yang tidak nikmat lainnya adalah Ketupat kandangan.

Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di kota Banjarmasin.

Seperti namanya, ketupat kandangan merupakan makanan dengan sajian ketupat. Sebagai lauknya biasanya berupa telur rebus atau daging ikan.

Haruan adalah jenis ikan yang sering dijadikan sebagai lauk dari ketupat kandangan. Ikan haruan yang sudah dilumuri bumbu akan dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api, yang menghasilkan aroma dan rasa gurih yang khas.

Kuah ketupat kandangan ini berbuat dari santan yang dimasak bersama dengan berbagai bumbu lainnya.

Jika kamu suka pedas, bisa tambahkan sambal acan, saat menikmati makanan ini. Harga dari ketupat kandangan ini juga murah loh.

  • Sate Tulang Banjarmasin

makanan khas Banjarmasin sate tulang

Walaupun namanya sate tulang, makanan khas Banjarmasin ini tidak terbuat dari tulang sungguhan. Melainkan terbuat dari bagian ayam yang tidak digunakan seperti leher, lemak dan kulit ayam.

Citarasa dari sate tulang ini yaitu gurih, pedas dan khas. Untuk bumbunya, terbuat dari sambal kacang atau sambal kecap jadi pilihan yang populer.

  • Cacapan Asam Khas Banjar

makanan khas Banjarmasin cacapan asam khas banjar

Cacapan ini biasanya dipakai sebagai sambal untuk bahan cocolan seperti ikan, daging ayam, ikan asin, dan lain-lain.

Cacapan asam ini terbuat dari perpaduan bahan-bahan seperti bawang merah, garam, penyedap rasa, cabai rawit, asam jawa, juga tambahan potongan buah yang memiliki rasa asam.

Dari bahan-bahan tersebut tentu rasa makanan ini adalah bermacam-macam seperti manis, asin, asam dan pedas.

  • Sambal Acan

makanan khas Banjarmasin sambal acan

Sambal Acan merupakan sambal khas Banjarmasin yang dibuat dengan cara diulek bersama campuran buah. Sambal ini terbuat dari campuran mangga asam, terong asam, limau wangkang, gandaria, dan binjai.

Sambal Acan memiliki citarasa pedas yang terasanya belakangan. Sambal ini memiliki harga yang terjangkau.

  • Mandai

makanan khas Banjarmasin mandai

Mandai merupakan makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari bahan dasar kulit buah cempedak. Kulit buah tersebut diawetkan atau difermentasi secara tradisional dengan menggunakan garam, kemudian disimpan selama beberapa lama agar rasanya menjadi asam yang segar dan lezat.

Setelah diawetkan, mandai dimasak dengan cara digoreng. Cara ini bisa membuat mandai menjadi lebih awet.

Untuk menemukan makanan bisa ditemukan ditoko oleh-oleh yang ada di penjuru kota Banjarmasin.

  • Bingka

makanan khas Banjarmasin kue bingka

Bingka adalah kue khas Banjarmasin, kue ini memiliki tekstur lembu, legit dan sedikit kenyal.

Citarasa kue ini sangat manis, gurih dan sudah pasti enak.

Untuk hari biasa memang agak sulit menemukan kue ini, tetapi pada bulan Ramadhan sangat mudah menemukan kue bingka ini, biasa dijual di pasar Ramadhan. Disajikan sebagai takjil berbuka puasa.

  • Apam Barabai

makanan khas Banjarmasin apam barabai

Apam barabai merupakan kue khas daerah Barabai di Kalimantan selatan, namun cukup terkenal juga di kota Banjarmasin.

Kue ini berbentuk bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih. Teksturnya sangat lembut dan enak di lidah.

Rasanya yang manis dan cocok dijadikan sebagai sarapan pagi, dan mudah ditemukan saat pagi hari dikota Banjarmasin. Harganya pun sangat murah.

  • Lontong Orari

makanan khas Banjarmasin lontong orari

Lontong makanan khas Indonesia yang mempunyai ciri khas tiap daerahnya. Di kota Banjarmasin terdapat lontong orari yang memiliki citarasa yang khas, gurih, dan pedas karena biasa ditemani sambal.

Beda dengan lontong sayur pada umumnya yang hanya disajikan dengan kuah santan atau kari, potongan sayur labu, tahu, dan buncis. Sedangkan lontong orari khas Banjarmasin ini disajikan dengan tambahan telur rebus, ikan gabus, atau daging ayam bumbu merah.

  • Nasi kuning Banjar

makanan khas Banjarmasin nasi kuning banjar

Seperti lontong, nasi kuning banyak dijumpai di daerah di Indonesia dengan khas nya masing-masing.

Nasi kuning khas Banjar, memiliki khas berupa lauk dan sambal nya yang dimasak habang atau bumbu merah, berupa serundeng atau abon kelapa.

Selain itu, aroma yang dikeluarkan juga unik karena diolah menggunakan daun pandan untuk menciptakan aroma harum yang sedap.

  • Sayur Kambang Tigarun

makanan khas Banjarmasin sayur kambang tigarun

Makanan ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan sayur atau lalapan. Sayur Kambang Tigarun bisa disebut sebagai lalapan khas orang Banjar.

Sayuran ini terbuat dari tanaman Tiguran yang diambil daun, batang dan bunganya.

Namun sayang sekali hidangan ini mulai sulit untuk ditemukan.

  • Nasi itik gambut

makanan khas Banjarmasin nasi itik gambut

Nasi itik gambut sedang populer beberapa tahun terakhir. Makanan ini dinamakan nasi itik gambut karena berasal dari daerah di Banjarmasin yaitu Gambut.

Nasi itik gambut adalah makanan berupa nasi putih yang disajikan dengan lauk daging itik, yang diolah dengan cara dimasak menyerupai rendang dan balado. Beras yang digunakan untuk membuat nasi adalah beras khas Banjar.

Daging itik yang disajikan merupakan dari itik yang dipelihara di tanah gambut. Sehingga daging yang dihasilkan terasa lembut dan empuk, tidak alot atau keras. Juga memiliki rasa yang lebih gurih.

  • Kue Kelepon Martapura

makanan khas Banjarmasin kelepon martapura

Di Indonesia kue tradisional ini sangat terkenal di pulau jawa. Di Kota Banjarmasin juga terdapat kue kelepon asal Martapura.

Tidak jauh beda dengan kelepon daerah lain, kelepon martapura ini juga berisi gula merah, dan memiliki tekstur yang sedikit kenyal.

  • Itik Panggang

makanan khas Banjarmasin itik panggang

Ternak itik unggulan di Kalimantan Selatan terdapat di kabupaten Hulu Sungai Utara. Hewan itik ini diolah dengan cara dipanggang oleh orang Banjar. Sebelum dipanggang biasanya direbus terlebih dahulu agar dagging nya menjadi lebih empuk dan beraroma gurih.

Bumbu yang digunakan seperti campuran gula merah, gula putih dan air disiramkan ke daging itik, ini membuatnya menjadi lebih beraroma.

Sekian kumpulan makanan khas Nusantara Kota Banjarmasin. Semoga bisa jadi referensi kamu jika berkunjung ke Kota seribu sungai ini. Dan membuat kita semua lebih mencintai makanan khas Indonesia yang rasanya tak kalah dengan makanan negara lain.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*