Kenapa Bendera Semaphore Berwarna Merah dan Kuning?

Pramukasiana – Tahukah kamu kenapa bendera semaphore berwarna merah dan kuning? Semaphore merupakan sebuah media untuk mengirim dan menerima berita/ informasi menggunakan batang, tangan, sarung tangan, dan daun.

Namun yang paling sering digunakan adalah sepotong kain atau yang sering disebut bendera semaphore. Dalam pramuka pengiriman pesan menggunakan sepasang bendera semaphore berwarna merah dan kuning.

Sebenarnya bisa bermacam warna, lazimnya merah dan kuning. Dimana masing-masingnya berukuran 45cm x 45cm. Sedangkan posisi warna merah berada di dekat tangkai atau pegangan semaphore

Sejarah Singkat Semaphore

Pada abad ke-19, Semaphore digunakan untuk keperluan komunikasi kelautan dan sinyal kereta api yang diterapkan pertama kali oleh Charles Hutton Gregory, yaitu pada rel yang menghubungkan London dengan Croydon (sekarang jalur London Brighton dan South Coast) di New Cross, London Tenggara pada tahun 1842.

Selain itu Semaphore pun digunakan untuk isyarat saat perang sipil di Amerika Serikat. Biasanya orang yang menggunakannya berada di sebuah tempat yang tinggi.

Penggunaan Semaphore Modern

Saat ini semapore berbentuk bendera persegi yang terdiri dari dua warna. Sebenarnya pewarnaan pada bendera semaphore tergantung tempat dan kondisi saat akan mengirimkan sinyal. Misalnya jika dikirimkan dari laut maka warna yang digunakan adalah merah dan kuning, sedangkan jika didarat warnanya adalah Biru dan Putih.

Di Indonesia sendiri terutama dalam kegiatan kepramukaan lebih sering kita jumpai warna merah dan kuning. Meskipun terdapat perbedaan sebenarnya warna dari bendera semaphore tidak begitu penting, hanya sebagai pertanda atau pembeda agar pesan yang disampaikan lebih mudah tertangkap mata.

Penggunaan Semaphore dalam Pramuka

Dalam kepramukaan semaphore digunakan sebagai suatu keahlian wajib yang harus dimiliki sebagai anggota Pramuka. Maka tak heran jika sejak pramuka tingkat siaga sudah diajarkan pemakaian bendera satu ini. Meskipun demikian nyatanya hanya segelintir orang yang bisa dengan lancar memahami teknik Semaphore ini.

Berikut ini adalah beberapa alfabet dan kode yang terdapat dalam penggunaan Semaphore :

Tanda atau Kode dalam Semaphore :

 KODE TERJEMAHAN
 U-R Berita siap dimulai
 K Siap menerima berita
 E (8x) Error/ ada kesalahan
 I-N-I Ulangi
 A-R Berita selesai
 R Diterima dengan baik
 A-S Tunggu sebentar
 M-K Geser ke kanan
 M-L Geser ke kiri

Alasan Kenapa bendera semaphore berwarna Merah dan Kuning

Q : Kak, sudah baca dari atas tapi belum ketemu jawabannya nih. Kenapa bendera semaphore berwarna merah dan kuning?

A : Intinya adalah agar pesan atau berita lebih mudah tersampaikan kepada orang lain. Bayangkan jika kakak berada di hutan kemudian menggunakan bendera semaphore berwarna hijau tua dan hijau muda, apakah akan mudah terlihat oleh mata?

Q : Lalu apakah jika tidak menggunakan kedua warna itu boleh? 

A : Sebenarnya sah-sah saja tidak digunakan asalkan mampu tertangkap mata dan tidak menyerupai lingkungan sekitar karena sampai saat tulisan ini dipublikasikan saya belum menemukan ketentuan yang mengatur warna bendera pada semaphore. Namun lazimnya menggunakan merah dan kuning. (Sumber : Buku Panduan Pramuka Penggalang, Bab XVI, hal 127 tentang Semaphore)

Itulah beberapa alasan pewarnaan dalam bendera semaphore, semoga pertanyaan kakak bisa terselesaikan dalam artikel ini. Apabila ada kesalahan atau pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*