Google Ikut Lestarikan Wayang lewat Google Art & Culture

Pramukasiana – Indonesia tekenal dengan ragam budaya yang sudah mendunia. Salah satunya wayang.

Kini masyarakat Indonesia melalui platform digital bisa mengakses berbagai museum nasional tempat bersejarah dan lebih dari 4.000 koleksi Wayang dari Museum Wayang Nasional.

Melalui Google Arts & Culture, Google berharap dapat terus melestarikan dan merayakan lebih banyak warisan dan budaya Indonesia secara digital di masa mendatang, seperti yang disampaikan oleh Manajer Senior Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia Ryan Rahardjo dilansir dari Antara, Rabu (13/5/2020).

Berkat kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemprov DKI Jakarta, Google sudah melakukan digitalisasi lebih dari 4.000 buah koleksi wayang dari Museum Wayang Nasional.

Google Arts & Culture kini menghadirkan 12 pameran interaktif dari beragam jenis hingga busana yang dikenakan setiap wayang dari berbagai daerah di Indonesia.

Berkat teknologi tersebut Google memungkinkan kurator untuk membuat pameran menarik baik secara online maupun offline.

“Berkat kerja sama antara Google Arts & Culture dan Museum Wayang Jakarta, bagian penting dari warisan ini telah dilestarikan secara digital dan sekarang ditampilkan untuk umum,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Hilmar Farid.

Diketahui sejak Oktober 2017, Google secara aktif bekerja untuk menambahkan lebih banyak konten dari museum-museum dan juga tempat bersejarah nasional di Indonesia ke Google Arts & Culture.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*