Golongan – golongan Pramuka dan Sejarahnya

Pramukasiana – Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana, adalah organisasi pendidikan kepramukaan di Indonesia. Pramuka memiliki golangan – golongan hingga sejarah dari golongan pramuka tersebut. Bahkan hingga masa kini pramuka menjadi bagian dari pendidik moral bangsa.

Awal Perjuangan Bangsa Indonesia

sejarah pramuka

Bangsa Indonesia sudah tampak kebesarannya sejak kedaulatan Syailendra-Sriwijaya, dan keprabuan Majapahit. Runtuhnya Kerajaan Majapahit disusul dengan dekade penjajahan oleh bangsa Belanda dan Jepang. Akibat dari penjajahan tersebut timbullah pergolakan menentang penjajahan dalam mencapai Kemerdekaan. Timbulnya pergolakan tersebut melahirkan sejumlah putra-putri terbaik negeri ini seperti Pangeran Antasari, Sultan Hasanudin, Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Kapitan Pattimura, dan ribuan lainnya.

Ternyata perjuangan mereka belum mampu membuahkan kemerdekaan seperti yang diharapkan. Namun, akan tetapi telah mempertinggi kehormatan bangsa Indonesia. Adapun penyebab kegagalan mereka pada dasarnya disebabkan oleh gerakannya bersifat kedaerahan, ditambah lagi peralatan tempur yang masih sangat minim dan tradisional.

Masa-masa menuju Kemerdekaan

                MASA SIAGA

sejarah pramuka

Pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah organisasi Budi Utomo, yang ,membuka cakrawala baru bagi khasanah perjuangan bangsa Indonesia dengan strategi perjuangan yang lebih menitikberatkan pada perjuangan non fisik seperti diplomasi. Budi Utomo berhasil membangun semangat bangsa Indonesia untuk melawan penjajah. Pendek kata jati diri perjuangan Budi Utomo adalah men-siaga-kan rakyat untuk berjuang. Masa ini dinamakanlah masa SIAGA.

                MASA PENGGALANG

sejarah pramuka

Semangat nasionalisme dikalangan bangsa Indonesia timbul karena buah karya nyata dari organisasi Budi Utomo yang melahirkan semangat persatuan dan kesatuan dikalangan bangsa Indonesia, yang dibuktikan dengan ter-galang-nya para pemuda-pemudi Indonesia yang ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Masa ini dinamakan masa PENGGALANG.

                MASA PENEGAK

sejarah pramuka

Tibalah saatnya bangsa Indonesia kepada cita-cita perjuangannya yaitu kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Arti Kemrdekaan ini merupakan pintu gerbang menuju Indonesia Jaya. Pada masa itu bangsa Indonesia telah tegak berdiri di bumi Pertiwi sendiri tanpa penjajahan. Masa itu dinamakan dengan masa PENEGAK.

                MASA PANDEGA             

sejarah pramuka

Upaya mengisi kemerdekaan merupakan tugas berikutnya dari bangsa Indonesia mampu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pada pelaksanaannya Pembangunan Nasional membutuhkan pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab untuk me-mandegani pelaksanaan pembangunan Nasional, serta dibutuhkannya masyarakat yang mempunyai ketangguhan dan ketahanan yang dinamis, sehingga mampu di-ANDAL-kan dalam rangka mem-BINA pembangunan Indonesia.

Golongan dan Tingkatan Pramuka

Bangsa Indonesia MULA-i mlaksanakan pembangunan yang membutuhkan BANTU-an kesadaran tinggi seluruh rakyat untuk mnciptakan TATA   kehidupan yang baik. Bangsa kita mulai mencari RAMU-an bahan-bahan, baik fisik ataupun non fisik dari manapun untuk di RAKIT secara baik, sehingga dapat di-TERAP-kan untuk mencukupi kehiPNGGdupan yang praktis bangsa kita. Dalam pelaksanaannya kita memerlukan BANTARA-BANTARA (Kader) untuk m-LAKSANA-kan tugas-tugas mengemban amanat penderitaan rakyat.

Berdasarkan kata kunci dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia  tersebutlah nama-nama golongan dan tingkatan dalam Gerakan Pramuka diambil. Berikut golongan dan tingkatan tersebut :

SIAGA

golongan pramuka

Golongan siaga adalah sebutan untuk anak didik yang berusia antara 7-10 tahun. Tingkatan dalam golongan Pramuka Siaga ada 3, yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Panggilan untuk Pembina Pramuka Siaga ialah yanda dan bunda, sedangkan untuk sesama anggotanya pacik dan bucik. Perkumpulan atau tim dalam Pramuka Siaga disebut barung. Bentuk barisan upacara Pramuka Siaga yaitu lingkaran yang dipimpin oleh seorang pemimpin barung utama yg disebut sulung. Perkumpulan Pramuka Siaga yang terdiri dari minimal 4 barung disebut Perindukan.

Kegiatan pada golongan Siaga biasanya lebih ke latihan rutin tiap seminggu sekali. Pada golongan siaga pun lebih banyak permainan-permainan. Dengan kata lain lebih ke bermain sambil belajar. Sehingga lebih banyak kegiatan dilapangan atau di alam terbuka.

PENGGALANG

golongan pramuka

Golongan Penggalang adalah sebutan untuk anak didik remaja yang berusia antara 11-15 tahun. Tingkatan dalam golongan Pramuka Penggalang ada 3, yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Panggilan untuk Pembina Pramuka Penggalang adalah Kakak, dan kepada anak didik panggilannya adik. Perkumpulan atau tim dalam Pramuka Penggalang disebut Regu. Bentuk barisan upacara Pramuka Penggalang adalah angkare yang dipimpin oleh seorang Pratama atau Pemimpin Regu Utama. Perkumpulan Pramuka Penggalang yang terdiri dari minimal 4 regu disebut Pasukan.

Ada banyak kegiatan-kegiatan pada golongan Pramuka Penggalang. Hingga banyak yang mengatakan kalau pada golongan Penggalang adalah masa-masa terindah dan terserunya Pramuka. Katanya sih yaa. Tapi sebenarnya semua golongan sama serunya. Hanya saja pada golongan Penggalang ada banyak sekali event-event yang mungkin untuk masa usia Penggalang kamu pun tak kan cukup untuk menikmati semua event yang ada. Contohnya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), Perkemahan Rabu Kamis (Peraka), Gladian Pimpinan Regu (Dian Pinru), Latihan Gabungan (Latgab), Wide Game atau Penjelajahan, dan masih banyak event berjenjang lain seperti Jambore danLT (Lomba Tingkat).

Kenapa disebut berjenjang, karena Jambore atau LT diadakan dari tingkat Ranting atau Kecamatan sampai tingkat Nasional. Biasanya suatu kebanggaan tersendiri bisa terpilih dan ikut sampai event Nasional. Tapi ada lagi event Nasional lain yang sebenarnya tidak berjenjang, seperti Kemah Budaya Nasional, Kemah Santri dan masih banyak lagi. Terkhusus untuk Jambore itu merupakan event bergensinya Pramuka yang ada sampai tingkat internasional.

PENEGAK

golongan pramuka

Golongan Penegak adalah sebutan untuk pemuda-pemudi yang berusia antara 16-20 tahun. Tingkatan dalam golongan Pramuka Penegak ada 2, yaitu Bantara dan Laksana. Panggilan untuk Pembina dan anak didik diusia Penegak ialah Kakak dan Kakak. Perkumpulan atau tim dalam Pramuka Penegak disebut Sangga. Bentuk barisan upacara Pramuka Penegak adalah Bershaf yang dipimpin oleh seorang Pradana atau Penaggung jawab pertama. Perkumpulan Pramuka Penegak yang terdiri minimal 4 Sangga disebut Ambalan.

Untuk kegiatan Pramuka di golongan Penegak juga tak kalah seru ni. Sebagian sama dengan Penggalang seperti Persami, Perjusami, atau Peraka. Hanya saja acaranya dikemas dengan lebih banyak kegiatan yang bersifat kemasyarakatan seperti bakti sosial dan gotong royong. Event paling bergengsi juga bagi Pramuka Penegak ialah Raimuna.

PANDEGA

Golongan Pandega adalah sebutan untuk anggota Pramuka yang berusia antara 21-25 tahun. Golongan Pandega tidak ada tingkatannya. Walau sebagian ada yang mengatakan Pandega biasa dan Pandega Pembina. Akan tetapi, sebenarnya pada golongan Pandega hanya ada satu sebutan yaitu Pandeganya itu sendiri.  Perkumpulan atau Kesatuan Pramuka Pandega disebut Racana. Biasanya nama Racana diambil dari nama-nama pahlawan. Pramuka Racana biasanya terdapat di beberapa Perguruan Tinggi baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Pada golongan ini, kebanyakan sudah terjun langsung ke masyarakat dan turut bergabung di banyak Organisasi baik masih diranah Pramuka seperti DKR(Dewan Kerja Ranting), DKC(Dewan Kerja Cabang), DKD(Dewan Kerja Daerah) ataupun DKN (Dewan Kerja Nasional), kalau yang ditingkat Sekolah atau Gugus Depan biasanya disebut DK atau Dewan Kerja Ambalan yang kegiatannya biasanya juga banyak membuat event untuk Pramuka-Pramuka Penggalang.

Ada banyak cara kita untuk bisa berbakti pada nusa dan bangsa, turut terjun dan bergabung di organisasi ataupun komunitas yg kalian minati, asalkan yang baik-baik, termasuk cara kalian mengaktualisasikan diri kalian pada negeri. Terutama Gerakan Pramuka, karena dari sini kalian tak hanya bermain dan belajar namun juga mendapat pengalaman yang tak terlupakan hingga akhir hayat kalian. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai Pramuka yah.

Salam Pramuka !

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*