Cara Sukses Menjalankan Pemasaran Media Sosial

Pramukasiana – Social media adalah tempat untuk berinteraksi antar individu. Alih-alih sebagai berkomunikasi antar manusia serta tempat berkumpulnya informasi dan hiburan, social media juga merupakan tempat mempromosikan produk.

Mungkin postingan bersponsor pernah Anda lihat di salah satu media sosial? Atau mungkin Anda juga mengetahui keberadaan toko online di sosmed seperti Instagram?

Itulah beberapa contoh social media marketing untuk bisnis. Jika Anda mungkin sudah menerapkan pada bisnis menggunakan satu platform saja tidak masalah. Karena disini kita akan belajar bersama seperti apa media sosial marketing dengan berbagai media yang ada. Berikut beserta strategi sukses menjalankannya. Stay tune!

Pengertian Social Media Marketing

Sosial Media Marketing: Cara Sukses Menjalankan Pemasaran Media Sosial

Social Media Marketing (SMM) adalah upaya pemasaran online di internet menggunakan platform media sosial. Platform yang biasa digunakan karena populer antara lain Facebook, Instagram, dan Twitter.

Cara kerja media sosial marketing adalah membuat konten menarik di media sosial dengan tujuan menarik perhatian audience. Anda juga dapat membuat toko online di media sosial secara gratis.

Kejadian yang paling sering yaitu para pelaku bisnis mengaitkan social media ke metode pemasaran lain seperti pada website, blog, email, dan lain-lain. Seseorang profesional yang mengelola media sosial untuk keperluan bisnis biasa disebut Social Media Manager.

Pembagian job desk social media marketing lain diantaranya ada Social Media Strategist yang bertugas merancang konsep konten yang akan di distribusikan kepada audience. Dan yang kedua Social Media Specialist yang tugasnya meningkatkan enggagement akun dan meningkatkan reputasi di mata masyarakat dunia maya.

Jenis-Jenis Social Media Marketing

Sosial Media Marketing: Cara Sukses Menjalankan Pemasaran Media Sosial

Adapun jenis-jenis social media marketing memanfaatkan platform-platform berikut.

Facebook

Facebook pada tahun 2019 berhasil meraih pengguna sebanyak 2,5 milliar jiwa. Dengan begitu, platform yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Bukan hanya lokal, namun, juga di seluruh dunia.

Social media marketing di Facebook dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda bisa memanfaatkan marketplace untuk mempromosikan produk. Cara lain yang sebenarnya tidak di sarankan oleh pihak tapi jitu untuk berjualan adalah memasarkannya melalui fanspage dan grup yang sesuai dengan bisnis Anda.

Instagram

Sejauh ini, pertumbuhan Instagram sangat pesat. Platform media sosial di bawah naungan Facebook ini di gemari masyarakat dunia, khususnya anak muda. Tak jarang Instagram dipakai sebagai media ajang pamer bagi sebagian orang. Karena dianggap mempunyai resolusi gambar dan video yang berkualitas tinggi.

Mengetahui keberadaan market di dalam Instagram, para pelaku bisnis tak mau kehilangan peluang. Mereka berlomba-lomba mempromosikan produk. Cara organik yang dipakai adalah membuat postingan berkualitas dan berinteraksi dengan calon konsumen.

Twitter

Awalnya, Twitter merupakan sarana untuk meluapkan emosi dan perasaan saja. Namun, dengan perkembangan yang semakin pasif, internet marketer memanfaatkan hal ini untuk media promosi. Keterbatasan jumlah karakter tweet mengharuskan para pebisnis lebih kreatif dalam menyampaikan informasi terkait bisnisnya dengan singkat, padat, dan jelas.

WhatsApp

Nah, ini yang hangat dan baru-baru ramai, yaitu WhatsApp Marketing. Dulunya atau mungkin yang Anda tahu, WhatsApp hanya dipakai sebagai alat berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Hal tersebut benar saja.

Namun, bagi para pebisnis online media sosial yang satu ini dapat disulap sebagai ajang promosi produk. Caranya dengan mengirimkan pesan berantai (broadcast) dan memasang status yang menarik perhatian orang lain.

Keunggulan Pemasaran Media Sosial Bagi Bisnis

Sosial Media Marketing: Cara Sukses Menjalankan Pemasaran Media Sosial

Beberapa keunggulan dan keuntungan melakukan pemasaran media sosial adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial mungkin hal baru untuk bisnis Anda. Sehingga jika Anda berkecimpung di dalamnya, mungkin Anda dapat menjangkau pasar yang belum tersentuh. Mudahnya, memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. Anda akan menemukan klien baru.

Aksesibilitas yang Baik

Kemudahan mengakses sosial media adalah salah satu keuntungan. Anda bisa mengakses 24 jam non stop tanpa batasan. Bahkan, dapat selama 7 hari, dan bertahun tahun. Juga dapat dilakukan di mana saja selama terhubung ke layanan internet.

Meningkatkan Traffic Situs Web

Di media sosial, Anda dapat mencantumkan link situs. Peletakkannya pada bio akun Anda, pada caption, atau pada komentar. Nantinya, orang yang mengklik tautan tersebut akan masuk ke situs web milik Anda.

Pemasaran Secara Organik

Untuk membuat toko di media sosial, tidak memerlukan biaya. Alias gratis. Menjangkau audience pun dapat dilakukan organik. Namun, membutuhkan ketelatenan dan kreatifitas yang tinggi.

Mengetahui Feedback Dari Konsumen

Media sosial memungkinkan Anda mampu berinteraksi langsung dengan konsumen. Anda juga dapat meminta feedback dari mereka pada postingan akun. Sehingga calon konsumen baru tidak ragu untuk membeli produk Anda.

Langkah-Langkah Social Media Marketing yang Praktis dan Mudah

Sosial Media Marketing: Cara Sukses Menjalankan Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial agar sukses ada langkah-langkah dan step-step yang dilalui. Langkah-langkah tersebut diantaranya:

Tentukan Buyer Persona

Buyer persona adalah gambaran jelas terkait siapa target market Anda. Apakah dia perempuan atau laki-laki? Apa kebiasaan mereka? Bagaimana sifat dan perilakunya? Mengapa mereka cocok untuk dijadikan target market bisnis Anda?

Dari situ, Anda dapat menjabarkan lagi lebih spesifik tentang pekerjaan dan latar belakang mereka. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Dengan begitu, Anda tahu apa yang mereka butuhkan. Dan konten apa yang pas untuk mereka. Serta Anda mampu menilai kira-kira platform media sosial apa yang mereka gunakan. Sesuaikan dan masuklah ke dalamnya.

Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Setelah menentukan buyer persona, langkah berikutnya yaitu memilih platform media sosial yang tepat. Maksudnya adalah memilih platform yang sesuai dengan yang mereka pakai.

Sebagai contoh saja, saat ini platform yang paling digemari oleh kaum milenial adalah Instagram. Tak heran bila Anda temui banyak brand-brand besar yang menjual barang untuk milenial memasarkan produknya di Instagram.

Membuat Konten yang Unik dan Berbeda dengan Lainnya

Persaingan kompetitor antar bisnis di media sosial semakin lama semakin ketat. Karena setiap hari ada saja bisnis baru yang ikut masuk ke dalamnya. Tak luput dari produk sejenis.

Maka dari itu, untuk menjaring pengunjung, dibutuhkan konten berkualitas, unik, menarik, dan berbeda dengan lainnya. Konten tersebut contohnya postingan, stories, status, tweet, dan lain sebagainya. Konten yang menarik, akan meningkatkan enggagement akun Anda. Dampaknya konten yang Anda berikan akan semakin menyebar luas.

Mengatur Jadwal Distribusi Konten

Menurut beberapa kasus, postingan yang tepat pada jam-jam tertentu mampu mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Tips yang dapat Anda praktekkan. Cobalah mendistribusikan konten apapun bentuknya pada jam di mana buyer persona Anda memakai media sosial.

Biasanya, kebanyakan orang mengecek media sosial pada pagi hari ketika bangun tidur, siang hari waktu istirahat, dan malam hari sebelum tidur. Manfaatkan waktu-waktu tersebut untuk mengunggah konten yang valuable dan bermanfaat.

Evaluasi Hasil

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, evaluasi kembali apa yang sudah Anda lakukan. Apakah respon dari konten positif atau sebaliknya. Apakah postingan yang Anda bagikan bermanfaat dan meningkatkan enggagement atau tidak. Hal ini penting untuk mengukur performa Anda pada waktu memproduksi konten. Serta sebagai bahan pertimbangan memperbaiki kesalahan dalam membuat konten.

Jika, hasil yang di peroleh kurang maksimal, Anda dapat menganalisa strategi marketing kompetitor. Lalu menggabungkan dengan strategi yang Anda kuasai.

Penutup

Sebagai social media marketing yang profesional. Anda harus memperhatikan banyak hal. Termasuk penentuan buyer persona, pemilihan platform media sosial, pembuatan konten yang menarik, pendistribusian konten, dan evaluasi hasil kerja. Apabila Anda melakukan dengan benar dan tepat. Anda bisa merasakan sendiri manfaatnya untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*