Bill Gates: Bukan Andoid OS Terbesar di Dunia Andai…

Pramukasiana – Andai saja tidak ada gugatan antimonopoli dari pemerintah Amerika Serikat (AS) kepada Microsoft, Android bukan ‘raja’ operating system (OS) ponsel pintar tebesar di dunia saat ini.

Setidaknya itu pembelaan Pendiri Microsoft, Bill Gates sekaligus salah satu penyesalan terbesar dari lelaki terkaya dunia tersebut. Pernyataan itu dilontarkan Bill Gates lantaran Microsoft sebentar lagi akan meluncurkan OS bernama ‘Window Mobile’.

Menurut Bill Gates, OS tersebut rencananya akan digunakan pada ponsel Motorola. Namun Microsoft terlambat tiga bulan dalam pembuatan OS ponsel ini.

“Tidak ada keraguan bahwa gugatan antimonopoli itu buruk bagi Microsoft. Jika tak ada gugatan tersebut kami akan fokus kembangkan OS Windows Mobile dan tak banyak orang yang menggunakan Android hari ini,” ujar Bill Gates, dalam wawancaranya dengan CNBC, pada Kamis (14/5/2020).

Seperti diketahui, kasus 22 tahun silam itu dimunculkan Kementerian Kehakiman AS. Kasus itu juga memaksa Bill Gates harus meninggalkan tampuk kepemimpinan Microsoft dan menyerahkan kepada Steve Ballmer untuk melanjutkannya. Sedangkan Gates fokus pada peradilan.

Sampai saat ini, cuma ada dua OS yang paling banyak digunakan oleh perangkat ponsel di dunia, yakni Android dan iOS miilik Apple.

Android berhasil menjadi OS terbesar dunia setelah diakuisisi Google pada 2005 senilai US$50 juta. Google bekerja keras mengembangkan dan memasarkan sehingga Android dijalankan di lebih dari 80% ponsel yang ada di seluruh dunia dan lebih dari 2,5 miliar perangkat mengguna si robot hijau ini.

Sebelum jatuh ke pelukan Google, Andy Rubin sempat menawarkan Android ke Samsung. Andy Rubin bertemu dengan petinggi Samsung di Seoul pada akhir 2004. Namun manajemen menganggap visi dan ide Andy Rubin tak masuk akal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*