Bagaimana Cara Menerapkan Social Media Marketing Instagram Untuk Bisnis Online Pemula?

Pramukasiana – Perilaku pasar yang terjadi saat ini menurut beberapa kasus yang ada adalah kebanyakan orang membeli produk setelah melihat di media sosial Instagram.

Hal ini menunjukkan bahwa Instagram dapat dijadikan salah satu media marketing di internet. Pasalnya, kita dapat mengunggah foto dan video untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis.

Pertumbuhan pengguna dari waktu ke waktu membuat banyak pebisnis online yang berkecimpung di dalamnya betah berlama-lama. Di samping itu, tambahan fitur-fitur baru diluncurkan dan membawa manfaat. Salah satu manfaatnya untuk promosi.

Akan tetapi, menjalankan Instagram Marketing tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada, strategi dan cara-cara yang harus di terapkan supaya bisnis Anda berjalan optimal.

Strategi Social Media Marketing Instagram Untuk Bisnis Online Pemula

Tanpa panjang lebar, inilah strategi Instagram Marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis khususnya pemula.

1. Ubah Akun Menjadi Instagram Bisnis

Jika sebelumnya akun Anda awalnya akun biasa yang dipakai kebanyakan orang, cobalah mengubah menjadi akun Instagram bisnis. Langkah awal ini wajib dilakukan untuk online shop. Karena terdapat banyak sekali fitur tambahan yang menunjang kegiatan bisnis Anda. Anda mampu mengakses Instagram Ads untuk mempromosikan postingan. Juga fitur Insight guna mengukur performa dan memberikan statistik akan kinerja Anda. Selain itu, akun Anda terlihat lebih profesional di mata calon konsumen.

Untuk mengubahnya Anda bisa melakukan cara berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Klik menu akun
  3. Pilih “Beralih ke Akun Profesional
  4. Pilihlah Bisnis

Setelah itu, Anda bisa memasukkan data bisnis seperti nomor telepon bisnis, alamat, dan waktu kerja.

2. Gunakan Nama/Username Akun yang Tepat

Sebaiknya, agar mudah ditemukan pengguna lainnya, pakai nama (username) brand atau bisnis Anda seperti pada akun-akun lainnya. Hal ini memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda di berbagai media sosial dengan nama yang sama.

3. Logo Brand untuk Photo Profile

Ingat, photo profile Instagram Anda muncul ketika seseorang mengunjungi akun. Dan terlihat ketika Anda menuliskan komentar di postingan. Maka dari itu, pakai photo profile yang menunjukkan identitas brand/bisnis Anda. Biasanya online shop Instagram memakai logo brand sebagai photo profile akun mereka. Informasi tak kalah penting, Instagram menyediakan photo profile dengan format lingkaran. Pastikan gambar Anda pas dan terlihat menarik dengan format tersebut.

4. Optimasi Bio Akun Instagram

Instagram Marketing: Bagaimana Cara Menerapkan Social Media Marketing Instagram Untuk Bisnis Online Pemula?

Waktu audience mengunjungi akun bisnis Anda, yang dipandang setelah photo profile adalah bio. Bio akun Anda dapat ditulis sejumlah 150 karakter. Manfaatkan keterbatasan karakter tulisan ini sebaik mungkin untuk menyampaikan benefit dari bisnis Anda. Anda juga bisa menambahkan emoji sebagai variasi.

Di bagian akhir, sisakan sedikit kata untuk memberikan CTA (Call to Action). Apa itu CTA? CTA adalah kata-kata perintah supaya pembeli segera melakukan tindakan. Contohnya Beli Sekarang, Klik Disini, Info selanjutnya dapat Anda dapatkan disini, dan lain sebagainya.

Dibawah CTA, masukkan link yang berhubungan dengan CTA tersebut. Link tersebut dapat diisi dengan tautan website, landing page, link promo, atau informasi lainnya.

5. Membuat Konten Feed Instagram

Konten pada feed Anda berpengaruh terhadap ketertarikan pengunjung. Konten berkualitas dan bermanfaat selalu menjadi primadona. Ada dua jenis konten untuk kebutuhan feed Instagram. Kedua jenis tersebut adalah gambar dan video. Untuk gambar tidak ada ketentuan khusus. Sedangkan video, durasi maksimal adalah 60 detik.

Berikut merupakan kategori gambar dan video yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan feed Instagram:

  • Gambar Informatif dan Edukasi, yaitu gambar yang memberikan informasi terkait suatu permasalahan atau sesuatu lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda
  • Gambar Seorang Influencer, yaitu gambar yang Anda gunakan dengan memanfaatkan ketenaran seseorang untuk mempromosikan produk kepada followers mereka. Gambar ini bisa Anda peroleh setelah bekerja sama dengan Influencer tersebut.
  • Gambar Behind the Scene, yaitu potret foto di balik layar bisnis Anda. Seperti proses packaging, produksi, distribusi, dll.
  • Gambar Postingan Followers, yaitu gambar yang Anda repost dari followers pada postingan.
  • Gambar Hari Peringatan, ini cocok ketika ada waktu yang memperingati sesuatu. Misal kemerdekaan, hari raya, dll.
  • Video Hiburan, video lucu atau yang menghibur namun masih berkaitan dengan bisnis Anda.
  • Video Cerita atau Pengalaman, berisi cerita yang Anda sampaikan kepada followers
  • Video yang Mengedukasi, untuk memberikan arahan dan petunjuk atau bahkan informasi
  • Video behind the scene, berisikan kegiatan di balik layar

Itulah tadi kategori-kategori konten untuk feed Instagram yang dapat Anda jadikan referensi untuk diterapkan pada bisnis.

6. Memanfaatkan Fitur IG Stories

Instagram Stories adalah hal vital yang paling tidak menjadi pertama kali dilihat oleh audience baru sebelum mengunjungi lebih banyak tentang Anda. Karena fitur ini bisa dilihat ketika menekan photo profile pada akun. Selain itu, juga dapat dilihat di bagian atas beranda followers. Banyak sekali manfaat yang Anda rasakan ketika membuat konten melalui IG Stories.

7. Menggunakan IGTV

Instagram TV (IGTV) adalah fitur Instagram menampilkan video dengan durasi yang lebih panjang di banding pada feed. Hal ini bertujuan supaya pengunjung dapat menikmati video secara lengkap dan jelas tanpa ada batasan. Untuk membuat IGTV sebagai keperluan bisnis, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

8. Memosting Ulang Postingan Followers (Repost)

Meningkatkan interaksi dengan audience dapat dilakukan mudah. Salah satunya dengan me-repost postingan mereka pada feed atau stories Anda. Ini bisa Anda lakukan ketika tidak punya waktu untuk membuat konten sekaligus sarana berinteraksi. Mereka yang postingannya di repost juga merasa senang bila dikenal dan dilihat banyak orang. Anda bisa me-repost followers dengan foto sedang menggunakan produk Anda.

9. Memanfaatkan Fitur IG Live

Instagram live adalah fitur Instagram yang efektif untuk promosi. Karena menurut beberapa kasus, orang lebih cenderung suka melihat siaran langsung daripada hanya melihat postingan. Selain itu, ketika Anda melakukan live, maka pemberitahuan tersebut menjadi yang terdepan dan menggeser stories-stories lain di halaman beranda followers Anda. Namun, perlu diingat, sebelum melakukan siaran langsung, alangkah baiknya Anda memberikan pemberitahuan kepada followers. Baik pada postingan, stories, situs web, dan juga pada media-media sosial lainnya. Semakin banyak penonton Anda, semakin besar pula kesempatan Anda menjadi “Top Live” di halaman explore. Sebagai contoh fungsi dari live adalah untuk memberitahukan ketika akan meluncurkan produk baru, mengobrol dan berbincang dengan followers, sesi tanya jawab mengenai produk/jasa, dll.

10. Buatlah Caption yang Menarik

Caption adalah hal pelengkap dari sebuah feed. Tanpa caption rasanya gambar yang di posting terasa hampa. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan caption semenarik mungkin supaya pengunjung betah membacanya. Untuk feed produk Anda bisa memakai teknik penjualan Softselling dan Hardselling. Di sarankan memakai teknik softselling agar tidak terlalu mencolok dalam promosi. Gunakan caption yang sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

11. Memakai Hashtag Pada Postingan

Hashtag Instagram memiliki fungsi yang sama dengan media sosial lainnya. Hashtag berfungsi untuk menyebarluaskan konten Anda. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang berdasarkan hashtag yang di pakai. Bahkan, konten bisa berada di jajaran explore bila terdapat hashtag. Anda bisa memanfaatkan hashtag relevan dan lagi populer saat itu. Atau Anda juga bisa membuat hashtag sendiri sesuai dengan nama brand bisnis Anda.

12. Melakukan Kerja Sama dengan Influencer dan Selebgram

Strategi promosi ini tidak gratis, alias berbayar. Bila Anda baru memulai bisnis, jangan terburu-buru memakai cara ini. Tunggu hingga bisnis Anda berkembang lebih pesat lagi. Ada dua cara Instagram menjalin kerja sama dengan Influencer/Selebgram. Yaitu paid promote dan endorse. Di rekomendasikan memilih Influencer yang satu niche dengan bisnis Anda. Contoh Anda menjual gamis. Carilah tokoh Influencer muslim yang juga sering memakai gamis. Bila barang Anda digunakan dan menyertakan nama Anda, maka followers dari Influencer tersebut kemungkinan besar ikut membeli kepada Anda.

13. Mengikuti Tren yang Berlaku

Mengikuti tren yang sedang berlangsung tidak ada salahnya jika diterapkan pada bisnis. Selama masih relevan dengan produk dan bisa dimodifikasi ulang, itu menjadi hal baik. Misal tren yang terjadi adalah minuman Boba. Maka Anda bisa menciptakan konsep bisnis dengan tema Boba. Contoh lain, bila bisnis Anda bergerak di bidang sablon kaos, maka Anda dapat mencetak kaos dengan tema Boba.

14. Terus Lakukan Interaksi dengan Audience

Instagram Marketing: Bagaimana Cara Menerapkan Social Media Marketing Instagram Untuk Bisnis Online Pemula?

Interaksi yang baik, membuat audience lama maupun yang baru menjadi nyaman dengan keberadaan Anda. Selain itu, mereka juga loyal membeli produk Anda. Interaksi yang dimaksud seperti memberikan likes, kometar positif, dan membalas chatting mereka di DM.

15. Strategi Promosi Instagram Ads

Yang terakhir merupakan cara berbayar untuk meningkatkan engagement akun Anda. Melalui fitur Instagram Ads, Anda bisa memasarkan postingan kepada mereka para audience secara tertarget. Target yang Anda bidik bisa lebih detail dan spesifik. Keuntungan lain dari Instagram Ads adalah Anda diberi kemampuan mengatur iklan sesuai budget yang ingin dikeluarkan.

Demikianlah 15 strategi marketing Instagram untuk bisnis online khususnya pemula. Kesimpulannya Instagram merupakan salah satu alternatif pemasaran di internet. Karena pengguna Instagram yang semakin hari semakin meningkat. Juga fitur-fitur yang disediakan sangat membantu menunjang keberhasilan pemasaran media sosial. Siap mempraktekkan strategi di atas?

Semoga menginspirasi dan bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*